Bulan Muharram akan segera tiba, banyak keutamaan bulan ini berdasarkan kepada hadits-hadits shahih dan hasan yang dapat dijadikan hujjah. Dengan seizin Allah dan kemudahan dariNya, kami akan menurunkan hadits-hadits tersebut pada artikel kali ini.
Allah Ta’ala telah berfirman :
إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ
Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa. [QS At-Taubah : 36]
1. Hadits, “…dalam setahun ada dua belas bulan…,”
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ ابْنِ أَبِي بَكْرَةَ عَنْ أَبِي بَكْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الزَّمَانَ قَدْ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin ‘Abdul Wahhaab, telah menceritakan kepada kami Hammaad bin Zaid, dari Ayyuub, dari Muhammad, dari Ibnu Abi Bakrah, dari Abu Bakrah -radhiyallahu ‘anhu-, dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Sesungguhnya zaman telah berputar sebagaimana keadaannya pada hari Allah menciptakan langit dan bumi, dalam setahun ada dua belas bulan, darinya ada empat bulan haram, tiga diantaranya adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram, sedangkan Rajab adalah bulan Mudhar yang terdapat diantara Jumadaats Tsaniy dan Sya’baan.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 4662; Shahiih Muslim no. 1681 dengan matan yang lebih panjang]
2. Hadits, “Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah…,”
حَدَّثَنِي قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحِمْيَرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ
Telah menceritakan kepadaku Qutaibah bin Sa’iid, telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awaanah, dari Abu Bisyr, dari Humaid bin ‘Abdirrahman Al-Himyariy, dari Abu Hurairah -radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Allah yaitu bulan Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.”
[Shahiih Muslim no. 1165; Sunan Abu Daawud no. 2429; Jaami’ At-Tirmidziy no. 438]
3. Hadits, “…hendaklah ia berpuasa karena hari ini adalah hari ‘Asyura’,”
حَدَّثَنَا الْمَكِّيُّ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ أَبِي عُبَيْدٍ عَنْ سَلَمَةَ بْنِ الْأَكْوَعِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ أَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا مِنْ أَسْلَمَ أَنْ أَذِّنْ فِي النَّاسِ أَنَّ مَنْ كَانَ أَكَلَ فَلْيَصُمْ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ وَمَنْ لَمْ يَكُنْ أَكَلَ فَلْيَصُمْ فَإِنَّ الْيَوْمَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ
Telah menceritakan kepada kami Al-Makkiy bin Ibraahiim, telah menceritakan kepada kami Yaziid bin Abi ‘Ubaid, dari Salamah bin Al-Akwa’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkan seorang laki-laki dari suku Aslam untuk menyerukan kepada manusia bahwa barangsiapa sudah memakan sesuatu maka hendaklah mengganti puasanya di hari yang lain, dan barangsiapa yang belum memakan sesuatu maka hendaklah ia berpuasa karena hari ini adalah hari ‘Asyura’.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 2007; Shahiih Muslim no. 1138 dengan sedikit perbedaan lafazh]
4. Hadits, “Kaum Quraisy pada masa Jahiliyyah berpuasa hari ‘Asyura’…,”
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِي الْجَاهِلِيَّةِ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ فَلَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ صَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Maslamah, dari Maalik, dari Hisyaam bin ‘Urwah, dari Ayahnya, dari ‘Aaisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Dahulu Kaum Quraisy pada masa Jahiliyyah berpuasa pada hari ‘Asyura’ dan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam pun melaksanakannya. Ketika beliau berhijrah ke Madinah beliau tetap melaksanakannya dan memerintahkan manusia untuk berpuasa. Ketika diwajibkan puasa Ramadhan, beliau meninggalkan puasa hari ‘Asyura’, (beliau bersabda), “Maka barangsiapa yang berkehendak (untuk berpuasa) silahkan berpuasa dan barangsiapa yang berkehendak (tidak berpuasa) silahkan meninggalkannya.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 2002; Shahiih Muslim no. 1125]
5. Hadits, “Hari itu adalah hari yang dijadikan kaum Jahiliyyah untuk berpuasa…,”
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا لَيْثٌ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ رُمْحٍ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّهُ ذُكِرَ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَوْمًا يَصُومُهُ أَهْلُ الْجَاهِلِيَّةِ فَمَنْ أَحَبَّ مِنْكُمْ أَنْ يَصُومَهُ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَرِهَ فَلْيَدَعْهُ
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’iid, telah menceritakan kepada kami Laits, (dalam jalur sanad yang lain) telah menceritakan kepada kami Ibnu Rumh, telah mengkhabarkan kepada kami Al-Laits, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwasanya disebutkan di sisi Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengenai hari ‘Asyura’, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Hari itu adalah hari yang dijadikan kaum Jahiliyyah untuk berpuasa, maka barangsiapa di antara kalian menyukai untuk berpuasa maka berpuasalah dan barangsiapa tidak menyukainya maka tidak mengapa meninggalkannya.”
[Shahiih Muslim no. 1127]
6. Hadits, “Manusia melaksanakan puasa hari ‘Asyura’ sebelum diwajibkan puasa Ramadhan…,”
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ح و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ هُوَ ابْنُ الْمُبَارَكِ قَالَ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي حَفْصَةَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانُوا يَصُومُونَ عَاشُورَاءَ قَبْلَ أَنْ يُفْرَضَ رَمَضَانُ وَكَانَ يَوْمًا تُسْتَرُ فِيهِ الْكَعْبَةُ فَلَمَّا فَرَضَ اللَّهُ رَمَضَانَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ شَاءَ أَنْ يَصُومَهُ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ شَاءَ أَنْ يَتْرُكَهُ فَلْيَتْرُكْهُ
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Bukair, telah menceritakan kepada kami Al-Laits, dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihaab, dari ‘Urwah, dari ‘Aaisyah radhiyallahu ‘anha, (dalam jalur sanad yang lain) telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Muqaatil, ia berkata, telah mengkhabarkan kepadaku ‘Abdullaah, dia adalah Ibnul Mubaarak, ia berkata, telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Abu Hafshah, dari Az-Zuhriy, dari ‘Urwah, dari ‘Aaisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Manusia melaksanakan puasa hari ‘Asyura’ sebelum diwajibkan puasa Ramadhan dan hari itu adalah hari ditutupnya Ka’bah (dengan kiswah). Ketika Allah mewajibkan puasa Ramadhan, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa berkehendak untuk berpuasa maka berpuasalah, dan barangsiapa berkehendak untuk meninggalkannya maka tinggalkanlah.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 1592; Musnad Ahmad no. 25536]
7. Hadits, “…puasa hari ‘Asyura’ menghapus dosa setahun yang lalu.”
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ حَرْمَلَةَ بْنِ إِيَاسٍ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبَلَةً وَصَوْمُ عَاشُورَاءَ يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Sa’iid, telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari Manshuur, dari Mujaahid, dari Harmalah bin Iyaas, dari Abu Qataadah -radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Puasa hari ‘Arafah menghapus dosa dua tahun yaitu setahun yang lalu dan setahun yang akan datang, puasa hari ‘Asyura’ menghapus dosa setahun yang lalu.”
[Musnad Ahmad no. 22028; Jaami’ At-Tirmidziy no. 752; Sunan Ibnu Maajah no. 1738][1]
8. Hadits berpuasa hari ‘Asyura’ pada hari kesepuluh
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ يُونُسَ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِصَوْمِ عَاشُورَاءَ يَوْمُ الْعَاشِرِ
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Waarits, dari Yuunus, dari Al-Hasan, dari Ibnu ‘Abbaas -radhiyallahu ‘anhuma-, ia berkata, “Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk berpuasa hari ‘Asyura’ pada hari kesepuluh (dari bulan Muharram).”
[Jaami’ At-Tirmidziy no. 755][2]
9. Hadits berpuasa hari ‘Asyura’ pada hari kesembilan dan kesepuluh
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنِي إِسْمَعِيلُ بْنُ أُمَيَّةَ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا غَطَفَانَ بْنَ طَرِيفٍ الْمُرِّيَّ يَقُولُ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُا حِينَ صَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ قَالَ فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy Al-Hulwaaniy, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Maryam, telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Ayyuub, telah menceritakan kepadaku Isma’iil bin Umayyah, bahwasanya ia mendengar Abu Gathafaan bin Thariif Al-Murriy mengatakan, aku mendengar ‘Abdullaah bin ‘Abbaas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan, “Ketika Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari ‘Asyura’ dan beliau memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa, para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya hari itu adalah hari yang diagungkan Yahudi dan Nashrani,” maka Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika begitu maka tahun depan insya Allah kita akan berpuasa pada hari kesembilan.” Ibnu ‘Abbaas berkata, “Tahun depan belumlah datang hingga Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam wafat.”
[Shahiih Muslim no. 1136][3]
10. Hadits, “…kami lebih berhak kepada Muusaa daripada kalian,”
حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُودَ صِيَامًا يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا هَذَا الْيَوْمُ الَّذِي تَصُومُونَهُ فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ عَظِيمٌ أَنْجَى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَقَوْمَهُ وَغَرَّقَ فِرْعَوْنَ وَقَوْمَهُ فَصَامَهُ مُوسَى شُكْرًا فَنَحْنُ نَصُومُهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَنَحْنُ أَحَقُّ وَأَوْلَى بِمُوسَى مِنْكُمْ فَصَامَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ
Telah menceritakan kepadaku Ibnu Abi ‘Umar, telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari Ayyuub, dari ‘Abdullaah bin Sa’iid bin Jubair, dari Ayahnya, dari Ibnu ‘Abbaas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mendatangi Madinah, maka beliau mendapati Yahudi berpuasa pada hari ‘Asyura’, beliau bersabda kepada mereka, “Hari apakah ini yang kalian berpuasa didalamnya?” Mereka menjawab, “Hari ini adalah hari yang agung karena Allah telah menyelamatkan Muusaa dan kaumnya, dan Allah menenggelamkan Fir’aun dan kaumnya, maka Muusaa berpuasa pada hari ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah dan kami pun ikut berpuasa.” Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kami lebih berhak mengikuti Muusaa dibanding kalian.” Maka berpuasalah Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam dan beliau memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa.
[Shahiih Muslim no. 1132; Shahiih Al-Bukhaariy no. 3943 dan no. 4680 dengan sedikit perbedaan lafazh]
11. Hadits Rasulullah mengutamakan hari ‘Asyura’ untuk berpuasa dibanding hari-hari lain
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى عَنْ ابْنِ عُيَيْنَةَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي يَزِيدَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ إِلَّا هَذَا الْيَوْمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَهَذَا الشَّهْرَ يَعْنِي شَهْرَ رَمَضَانَ
Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullaah bin Muusaa, dari Ibnu ‘Uyainah, dari ‘Ubaidullaah bin Abu Yaziid, dari Ibnu ‘Abbaas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Aku tidak pernah melihat Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam menyengaja berpuasa pada hari yang beliau utamakan diatas hari yang lainnya kecuali hari ini yaitu hari ‘Asyura’, dan bulan ini yakni bulan Ramadhan.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 2006; Shahiih Muslim no. 1134]
12. Hadits kaum Yahudi menjadikan hari ‘Asyura’ sebagai hari ‘Ied
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَابْنُ نُمَيْرٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ أَبِي عُمَيْسٍ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ يَوْمًا تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَتَتَّخِذُهُ عِيدًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صُومُوهُ أَنْتُمْ
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah dan Ibnu Numair, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Usaamah, dari Abu ‘Umais, dari Qais bin Muslim, dari Thaariq bin Syihaab, dari Abu Muusaa radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Hari ‘Asyura’ adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan mereka menjadikannya hari raya, maka Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Puasalah kalian (pada hari itu).”
[Shahiih Muslim no. 1133; Shahiih Al-Bukhaariy no. 2005]
13. Hadits, “Seandainya tahun depan aku masih hidup…,”
و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ عَبَّاسٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَيْرٍ لَعَلَّهُ قَالَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَئِنْ بَقِيتُ إِلَى قَابِلٍ لَأَصُومَنَّ التَّاسِعَ
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah dan Abu Kuraib, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Ibnu Abi Dzi’b, dari Al-Qaasim bin ‘Abbaas, dari ‘Abdullaah bin ‘Umair, -sepertinya dia berkata- dari ‘Abdullaah bin ‘Abbaas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Seandainya aku masih hidup hingga tahun depan, aku akan berpuasa pada hari kesembilan.”
[Shahiih Muslim no. 1137; Sunan Ibnu Maajah no. 1736; Musnad Ahmad no. 1972]
14. Hadits melihat hilal bulan Muharram
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيعُ بْنُ الْجَرَّاحِ عَنْ حَاجِبِ بْنِ عُمَرَ عَنْ الْحَكَمِ بْنِ الْأَعْرَجِ قَالَ انْتَهَيْتُ إِلَى ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا وَهُوَ مُتَوَسِّدٌ رِدَاءَهُ فِي زَمْزَمَ فَقُلْتُ لَهُ أَخْبِرْنِي عَنْ صَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ إِذَا رَأَيْتَ هِلَالَ الْمُحَرَّمِ فَاعْدُدْ وَأَصْبِحْ يَوْمَ التَّاسِعِ صَائِمًا قُلْتُ هَكَذَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ قَالَ نَعَمْ
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah, telah menceritakan kepada kami Wakii’ bin Al-Jarraah, dari Haajib bin ‘Umar, dari Al-Hakam bin Al-A’raj, ia berkata, aku pernah menjumpai Ibnu ‘Abbaas radhiyallahu ‘anhuma sedang bersandar dengan selendangnya pada sumur Zamzam, aku berkata kepadanya, “Khabarkan kepadaku mengenai puasa hari ‘Asyura’,” Ibnu ‘Abbaas berkata, “Jika engkau melihat hilal bulan Muharram, maka hitunglah dan berpuasalah sejak subuh pada hari kesembilan.” Aku bertanya, “Apakah seperti itu puasa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam?” Ibnu ‘Abbaas menjawab, “Ya.”
[Shahiih Muslim no. 1135; Sunan Abu Daawud no. 2446; Jaami’ At-Tirmidziy 1/210; Musnad Ahmad no. 2136]
15. Hadits Mu’aawiyah bin Abu Sufyaan radhiyallahu ‘anhuma ketika beliau berkhuthbah diatas mimbar
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَمِعَ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَوْمَ عَاشُورَاءَ عَامَ حَجَّ عَلَى الْمِنْبَرِ يَقُولُ يَا أَهْلَ الْمَدِينَةِ أَيْنَ عُلَمَاؤُكُمْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ هَذَا يَوْمُ عَاشُورَاءَ وَلَمْ يَكْتُبْ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ وَأَنَا صَائِمٌ فَمَنْ شَاءَ فَلْيَصُمْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيُفْطِرْ
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah bin Maslamah, dari Maalik, dari Ibnu Syihaab, dari Humaid bin ‘Abdirrahman, bahwa ia mendengar Mu’aawiyah bin Abu Sufyaan radhiyallahu ‘anhuma berkhuthbah diatas mimbar pada hari ‘Asyura’ pada tahun haji, ia berkata, “Wahai penduduk Madinah, dimana para ulama kalian? Aku mendengar Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Hari ini adalah hari ‘Asyura’ dan Allah tidak mewajibkan puasa atas kalian, dan aku sedang berpuasa, maka barangsiapa berkehendak silahkan berpuasa dan barangsiapa berkehendak silahkan berbuka.”
[Shahiih Al-Bukhaariy no. 2003; Shahiih Muslim no. 1131]
16. Hadits penduduk Khaibar berpuasa pada hari ‘Asyura’
حَدَّثَنَاه أَحْمَدُ بْنُ الْمُنْذِرِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ أُسَامَةَ حَدَّثَنَا أَبُو الْعُمَيْسِ أَخْبَرَنِي قَيْسٌ فَذَكَرَ بِهَذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ وَزَادَ قَالَ أَبُو أُسَامَةَ فَحَدَّثَنِي صَدَقَةُ بْنُ أَبِي عِمْرَانَ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ أَهْلُ خَيْبَرَ يَصُومُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ يَتَّخِذُونَهُ عِيدًا وَيُلْبِسُونَ نِسَاءَهُمْ فِيهِ حُلِيَّهُمْ وَشَارَتَهُمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصُومُوهُ أَنْتُمْ
Telah menceritakannya kepada kami Ahmad bin Al-Mundzir, telah menceritakan kepada kami Hammaad bin Usaamah, telah menceritakan kepada kami Abul ‘Umais, telah mengkhabarkan kepadaku Qais kemudian menyebutkan dengan sanad ini yang semisalnya, dan Abu Usaamah menambahkan, telah menceritakan kepadaku Shadaqah bin Abu ‘Imraan, dari Qais bin Muslim, dari Thaariq bin Syihaab, dari Abu Muusaa radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, penduduk Khaibar berpuasa pada hari ‘Asyura’ dan merayakannya sebagai hari raya, para wanita mereka mengenakan pakaian dan perhiasan yang indah. Maka Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Berpuasalah kalian pada hari itu.”
[Shahiih Muslim no. 1134]
Demikian yang bisa kami tuliskan. Semoga bisa menjadi motivator kita untuk beribadah kepada Allah Ta’ala di bulan Muharram nanti.
Allaahu a’lam.
Diringkas dari :
http://www.saaid.net/mktarat/mohram/54.htm dengan penambahan berdasarkan kitab “Shahiih At-Targhiib wa At-Tarhiib”, karya Syaikh Muhammad Naashiruddiin Al-Albaaniy, maktabah Al-Ma’aarif.
Footnotes :
[1] Dishahihkan Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah dalam Shahiihul Jaami’ush Shaghiir no. 3806.
[2] Al-Imam At-Tirmidziy rahimahullah berkata bahwa hadits ini hasan shahih, dan Syaikh Al-Albaaniy menshahihkannya dalam Shahiih At-Tirmidziy dan Shahiihul Jaami’ no. 3968.
Namun, Al-Imam Badruddiin Al-‘Ainiy dalam ‘Umdatul Qaariy 11/166 dan Syaikh Al-Mubaarakfuuriy dalam Tuhfatul Ahwadziy 3/176 -rahimahumallah- berkata bahwa sanadnya munqathi’, yaitu antara Al-Hasan dengan Ibnu ‘Abbaas (dan Al-Hasan meriwayatkannya dengan ‘an’anah), dan menurut Imam Al-‘Ainiy, matannya syaadz.
Syaikh Muqbil Al-Waadi’iy rahimahullah menguatkan pendapat ini dalam kitab beliau, Ahaadiitsu Mu’allah no. 215, beliau berkata bahwa para perawinya adalah para perawi Ash-Shahiih akan tetapi sanadnya munqathi’, Al-Hasan tidak mendengar dari Ibnu ‘Abbaas sebagaimana dalam Jaami’ut Tahshiil.
Sanad hadits ini diperkuat dengan hadits Ibnu ‘Abbaas yang lain dari jalan Abu Gathafaan bin Thariif yang diriwayatkan Al-Imam Muslim rahimahullah sebagaimana yang akan datang pada nomor berikutnya.
[3] Fiqh dari hadits ini adalah sebagaimana yang dikatakan oleh Al-Imam At-Tirmidziy pada hadits yang lalu,
وَاخْتَلَفَ أَهْلُ الْعِلْمِ فِي يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ يَوْمُ التَّاسِعِ و قَالَ بَعْضُهُمْ يَوْمُ الْعَاشِرِ وَرُوِيَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ قَالَ صُومُوا التَّاسِعَ وَالْعَاشِرَ وَخَالِفُوا الْيَهُودَ وَبِهَذَا الْحَدِيثِ يَقُولُ الشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ وَإِسْحَقُ
“Para ulama berselisih pendapat mengenai (puasa) hari ‘Asyura’, sebagian mereka berkata hari kesembilan, dan sebagian mereka berkata hari kesepuluh. Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbaas bahwa ia berkata, berpuasalah hari kesembilan dan kesepuluh, selisihilah Yahudi. Dan ini juga pendapat Asy-Syaafi’iy, Ahmad dan Ishaaq.”

Image result for shahih muharam

0 comments:

Post a Comment

 
Pusat Kajian Hadits © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top