Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah berdoa :
اللَّهُمَّ أَحْيِنِي مِسْكِينًا، وَأَمِتْنِي مِسْكِينًا، وَاحْشُرْنِي فِي زُمْرَةِ الْمَسَاكِينِ
“Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan miskin dan wafatkanlah aku dalam keadaan miskin. Dan kumpulkan aku dalam kelompok orang-orang miskin (kelak di akhirat)”.
Hadits ini diriwayatkan melalui empat jalur shahabat :
1. Abu Sa’iid Al-Khudriy radliyallaahu ‘anhu.
Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy[1] dalam Al-Kabiir 9/75 no. 718, Ibnu Maajah[2]5/566-567 no. 4126, ‘Abd bin Humaid[3] 2/127 no. 1000, Ath-Thabaraaniy[4] dalamAd-Du’aa’ hal. 1466-1467 no. 1425, Al-Khathiib[5] dalam Taariikh Baghdaad 5/178 no. 2039, Ibnul-Jauziy[6] dalam Al-Maudluu’aat 3/381 no. 1621, Ahmad bin Ishaaq Al-Abraquuhiy[7] dalam Mu’jamusy-Syuyuukh no. 94, Ar-Raafi’iy[8] dalam At-Tadwiin fii Akhbaari Qazwiin 1/473, Ahmad bin Muhammad Al-Hanafiy[9] dalam Masyyakhah Ibnil-Bukhaariy 2/1171, dan Adz-Dzahabiy[10] dalam Mu’jamusy-Syuyuukh hal. 587 no. 871; semuanya dari jalan Yaziid bin Sinaan, dari Abul-Mubaarak, dari ‘Athaa’ bin Abi Rabbaah, dari Abu Sa’iid Al-Khudriy radliyallaahu ‘anhu secara marfuu’.
Sanad riwayat ini sangat lemah karena :
a. Yaziid bin Sinaan; seorang yang dla’iif [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1076 no. 7778].
b. Abul-Mubaarak; seorang yang majhuul ‘ain. Termasuk thabaqah ke-6. Dipakai oleh At-Tirmidziy dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1200 no. 8404].
Abul-Mubaarak mempunyai mutaba’ah dari Yaziid bin Abi Maalik : Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy[11] dalam Al-Kaamil 3/424-425, Ath-Thabaraaniy dalam Asy-Syaamiyyiin[12] 2/421 no. 1615 dan dalam Ad-Du’aa’[13] hal. 1467 no. 1426, Al-Haakim[14] dalam Al-Mustadrak 4/322, Al-Baihaqiy[15] dalam Syu’abul-Iimaan no. 5111 & 10024, Ibnu Basyraan[16] dalam Al-Amaaliy 1/179, dan Adz-Dzahabiy[17]dalam Siyaru A’laamin-Nubalaa’ 11/139-140; semuanya dari jalan Sulaimaan bin ‘Abdirrahmaan, dari Khaalid bin Yaziid bin Abi Maalik, dari ayahnya, dari ‘Athaa’ bin Abi Rabbaah.
Sanad riwayat ini lemah karena Khaalid bin Yaziid, seorang yang dla’iif [Taqriibut-Tahdziib, hal. 293 no. 1698]. Selain itu, ‘Athaa’ tidak mendengar riwayat dari Abu Sa’iid [Jaami’ut-Tahshiil, hal. 237 no. 520].
Adz-Dzahabiy berkata : “Ghariib jiddan”.
2. Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu.
Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy[18] 4/172 no. 2352, Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa[19]7/12 (7/18) no. 13152 dalam dalam Syu’abul-Iimaan[20] no. 1380 & 10025, Al-Khathiib[21] dalam Al-Muttafaq wal-Muftaraq no. 452, Ibnul-Jauziy[22] dalam Al-Maudluu’aat 3/382 no. 1622, Al-Hasan bin ‘Aliy Al-Wakhsyiy[23] dalam Al-Khaamis minal-Wakhsyiyaat no. 66, dan Adz-Dzahabiy dalam Siyaru A’laamin-Nubalaa’[24]15/434 dan dalam Tadzkiratul-Huffadh[25] 3/851; semuanya dari jalan Tsaabit bin Muhammad Al-‘Aabid Al-Kuufiy, dari Al-Haarits bin An-Nu’maan Al-Laitsiy, dari Anas secara marfuu’.
Sanad riwayat ini lemah atau bahkan sangat lemah dikarenakan Al-Haarits bin An-Nu’maan, munkarul-hadiits[26] – sebagaimana dikatakan oleh Al-Bukhaariy dan Al-Azdiy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 214 no. 1059 dan Tahdziibut-Tahdziib 2/159-160 no. 277].
At-Tirmidziy rahimahullah berkata : “Ghariib” – dan perkataannya ini mengisyaratkan atas pendla’ifannya.[27]
3. ‘Ubaadah bin Ash-Shaamit radliyallaahu ‘anhu.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy[28] dalam Ad-Du’aa’ hal. 1467 no. 1427, Adl-Dliyaa’[29] dalam Al-Mukhtarah 8/270-271 no. 332-333, Al-Baihaqiy[30] dalam Al-Kubraa 7/12 (7/18) no. 13151, dan Ibnu ‘Asaakir[31] dalam Taariikh Dimasyq 38/194; semuanya dari jalan Hiql bin Ziyaad, dari ‘Ubaid bin Ziyaad Al-Auzaa’iy, dari Junaadah bin Abi Umayyah, dari ‘Ubaadah bin Ash-Shaamit secara marfuu’.
Sanad riwayat ini lemah karena ‘Ubaid bin Ziyaad Al-Auzaa’iy, seorang yang majhuul al-haal [lihat : Taariikh Dimasyq, 38/193-194].
4. ‘Abdullah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa.
Diriwayatkan oleh Ar-Ruuyaaniy[32] 2/409 no. 1412, namun sanadnya sangat lemah dikarenakan :
a. Shadaqah bin ‘Abdillah bin As-Samiin, seorang yang dla’iif (di-dla’if-kan jumhur ahli hadits) [lihat : Tahdziibul-Kamaal 13/133-138 no. 2863 dan Taqriibut-Tahdziib, hal. 451 no. 2929].
b. Thalhah bin Zaid Al-Qurasyiy; seorang yang matruuk [Taqriibut-Tahdziib, hal. 463 no. 3037].
c. Muusaa bin ‘Ubaidah Al-Madaniy; seorang ahli ibadah yang dla’iif, khususnya dalam riwayat ‘Abdullah bin Diinar. Bahkan beberapa ulama menyifatinya :munkarul-hadiits [Taqriibut-Tahdziib, hal. 983 no. 7038 dan Tahdziibut-Tahdziib10/356-360 no. 636].
Walhaasil, hadits di atas adalah lemah dan belum bisa terangkat ke derajat hasan,wallaahu a’lam.[33] Didla’ifkan oleh Ibnu Taimiyyah dalam Majmuu’ Al-Fataawaa 18/357.
0 comments:
Post a Comment